Jumat, 06 November 2015

Etika iklan



Tugas Etika bisnis

Pendahuluan
Iklan kuku bima enerG papua
 Di dalam adegan iklan ini melibatkan suku orang papua sebagai pemerannya atau piguran, dalam iklan ini memuat mereka sedang mempromosikan  kukubima ener-g maupun mempromosikan wisata alama indonesia yang berada di papua namu di dalam iklan ini ada beberapa adegan orang dengan orang tidak memakai pakain atau telanjang sehingga tidak pantas untuk di publikasikan di iklan televisi karna melanggar banyak norma-norman serta tidak pantas apabila anak-anak melihatnya.

Teori

Tujuan periklanan menyatakan di mana perusahaan ingin berada dalam kaitannya dengan pangsa pasar dan kepekaan publik, dapat berorientasi penjualan dan berorientasi komunikasi (Lee, 2004).
Berdasarkan tujuan periklanan maka iklan dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu iklan informatif, persuasif, dan pengingat. (Kriyantono, 2008).
1.       Iklan informatif
Iklan informatif bertujuan untuk membentuk permintaan pertama. Caranya dengan memberitahukan pasar tentang produk baru, mengusulkan kegunaan baru suatu produk, memberitahukan pasar tentang perubahan harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, pelayanan yang tersedia, mengoreksi kesan yang salah mengurangi kecemasan pembeli dan membangun citra perusahaan. Biasanya dilakukan besar-besaran pada tahap awal peluncuran suatu produk.
2. Iklan persuasif
Iklan persuasif bertujuan untuk membentuk permintaan selektif suatu merek tertentu dan dilakukan pada tahap kompetitif dengan membentuk preferensi merek, mendorong alih merek, mengubah persepsi pembeli tentang atribut produk, membujuk pembeli untuk membeli sekarang, serta membujuk pembeli menerima, mencoba, atau mensimulasikan produk.
3. Iklan pengingat
Iklan pengingat bertujuan untuk mengingatkan pembeli pada produk yang sudah mapan bahwa produk tersebut mungkin akan dibutuhkan di kemudian hari, mengingatkan pembeli dimana mereka dapat membelinya, dan mempertahankan kesadaran puncak.




Fungsi fungsi iklan
Inilah Fungsi Iklan Dalam Pemasaran - Iklan yang berarti pesan yang menawarkan suatu produk yangditujukan kepada masyarakat melalui suatu media (Kasali.1995:9). Iklan merupakan sarana komunikasiterhadap produk yang disampaikan melalui berbagai media dengan biaya pemrakarsa agar masyarakattertarik untuk menyetujui dan mengikuti (Pujiyanto.2001:3-4). Iklan merupakan media informasi yangdibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat khalayak, orisinal, serta memiliki karakteristiktertentu dan persuasif sehingga para konsumen atau khalayak secara suka rela terdorong untukmelakukan sesuatu tindakan sesuai dengan yang diinginkan pengiklan (Jefkins, 1997:18).Ralph S. Alexander dalam Jefkins (1997:110) merumuskan dengan Association Marketing Association(AMA), bahwa iklan menegaskan empat pokok batasan, yaitu;1) penyajian gagasan terhadap barang, yaitu suatu bentuk iklan yang ditampilkanberdasarkan konsep produknya,2) iklan ditujukan kepada kalayak, yaitu iklan dapat menjangkau masyarakat kelompok besar yangdipersempit menjadi kelompok pasar,3) iklan mempunyai sponsor yang jelas, yaitu terciptanya iklan atas pemrakarsa perusahaan yangmembiayainya,4) iklan dikenai biaya penyajian, yaitu dalam penyebaran, penerbitan dan penayangan atas biayaperusahaan.Fungsi iklan dalam pemasaran adalah memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumenterhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar iklan berhasil merangsangtindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60)

Analisis
Adegan dalam periklanan kuku bima ener-g di papua kurang sopan dan sangat tidak bagus untuk di lihat oleh jutaan mata masyarakat yang melihatnya terutama  anak-anak yang berusia di bawah umur, meskipun promosin tersebut bertujuan untuk menarik minat pembeli terutama di kalangan anak-anak sampai remaja serta meskipun mempromosikan wisata alamnya tetapi kurang sopan dengan adanya adegan tidak memakai baju tersebut maka dari itu para orang tua untuk lebih memperhatikan tayangan iklan di televisi yang di tontonnya. Agar bisa mengontrol dan menjelaskan iklan mana yang tidak bagus untuk di lihat dan mana yang bagus untuk di lihat dan serta buat pembuat iklan maupun team seleksi agar lebih diperhatikan untuk seluruh tayangan iklan yang ada demi menjaga generasi penerus kita agar tidak terjerumus.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar