Tugas Etika bisnis
Pendahuluan
Iklan kuku bima enerG papua
Di dalam adegan iklan ini melibatkan suku
orang papua sebagai
pemerannya atau piguran, dalam iklan ini memuat mereka sedang
mempromosikan kukubima ener-g maupun mempromosikan
wisata alama indonesia yang berada di papua namu di dalam iklan ini ada
beberapa adegan orang dengan orang tidak memakai pakain atau telanjang sehingga
tidak pantas untuk di publikasikan di iklan televisi karna melanggar banyak
norma-norman serta tidak pantas apabila anak-anak melihatnya.
Teori
Tujuan periklanan menyatakan di mana
perusahaan ingin berada dalam kaitannya dengan pangsa pasar dan kepekaan
publik, dapat berorientasi penjualan dan berorientasi komunikasi (Lee, 2004).
Berdasarkan tujuan periklanan maka iklan dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu iklan informatif, persuasif, dan pengingat. (Kriyantono, 2008).
Berdasarkan tujuan periklanan maka iklan dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu iklan informatif, persuasif, dan pengingat. (Kriyantono, 2008).
1.
Iklan
informatif
Iklan informatif bertujuan untuk membentuk permintaan pertama. Caranya dengan memberitahukan pasar tentang produk baru, mengusulkan kegunaan baru suatu produk, memberitahukan pasar tentang perubahan harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, pelayanan yang tersedia, mengoreksi kesan yang salah mengurangi kecemasan pembeli dan membangun citra perusahaan. Biasanya dilakukan besar-besaran pada tahap awal peluncuran suatu produk.
2. Iklan persuasif
Iklan persuasif bertujuan untuk membentuk permintaan selektif suatu merek tertentu dan dilakukan pada tahap kompetitif dengan membentuk preferensi merek, mendorong alih merek, mengubah persepsi pembeli tentang atribut produk, membujuk pembeli untuk membeli sekarang, serta membujuk pembeli menerima, mencoba, atau mensimulasikan produk.
3. Iklan pengingat
Iklan pengingat bertujuan untuk mengingatkan pembeli pada produk yang sudah mapan bahwa produk tersebut mungkin akan dibutuhkan di kemudian hari, mengingatkan pembeli dimana mereka dapat membelinya, dan mempertahankan kesadaran puncak.
Iklan informatif bertujuan untuk membentuk permintaan pertama. Caranya dengan memberitahukan pasar tentang produk baru, mengusulkan kegunaan baru suatu produk, memberitahukan pasar tentang perubahan harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, pelayanan yang tersedia, mengoreksi kesan yang salah mengurangi kecemasan pembeli dan membangun citra perusahaan. Biasanya dilakukan besar-besaran pada tahap awal peluncuran suatu produk.
2. Iklan persuasif
Iklan persuasif bertujuan untuk membentuk permintaan selektif suatu merek tertentu dan dilakukan pada tahap kompetitif dengan membentuk preferensi merek, mendorong alih merek, mengubah persepsi pembeli tentang atribut produk, membujuk pembeli untuk membeli sekarang, serta membujuk pembeli menerima, mencoba, atau mensimulasikan produk.
3. Iklan pengingat
Iklan pengingat bertujuan untuk mengingatkan pembeli pada produk yang sudah mapan bahwa produk tersebut mungkin akan dibutuhkan di kemudian hari, mengingatkan pembeli dimana mereka dapat membelinya, dan mempertahankan kesadaran puncak.
Fungsi fungsi iklan
Inilah Fungsi Iklan
Dalam Pemasaran - Iklan yang berarti pesan yang menawarkan suatu produk yangditujukan kepada masyarakat melalui suatu media
(Kasali.1995:9). Iklan merupakan sarana komunikasiterhadap produk yang disampaikan melalui berbagai
media dengan biaya pemrakarsa agar masyarakattertarik untuk menyetujui dan mengikuti (Pujiyanto.2001:3-4). Iklan merupakan
media informasi yangdibuat sedemikian
rupa agar dapat menarik minat khalayak, orisinal, serta memiliki karakteristiktertentu dan persuasif sehingga para konsumen atau
khalayak secara suka rela terdorong untukmelakukan
sesuatu tindakan sesuai dengan yang diinginkan pengiklan (Jefkins, 1997:18).Ralph S. Alexander dalam Jefkins (1997:110)
merumuskan dengan Association Marketing Association(AMA), bahwa iklan menegaskan empat pokok batasan,
yaitu;1) penyajian gagasan terhadap
barang, yaitu suatu bentuk iklan yang ditampilkanberdasarkan konsep produknya,2)
iklan ditujukan kepada kalayak, yaitu iklan dapat menjangkau masyarakat
kelompok besar yangdipersempit menjadi
kelompok pasar,3) iklan mempunyai
sponsor yang jelas, yaitu terciptanya iklan atas pemrakarsa perusahaan yangmembiayainya,4) iklan dikenai biaya penyajian, yaitu dalam
penyebaran, penerbitan dan penayangan atas biayaperusahaan.Fungsi iklan dalam pemasaran adalah memperkuat
dorongan kebutuhan dan keinginan konsumenterhadap
suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar iklan berhasil
merangsangtindakan pembeli, menurut
Djayakusumah (1982:60)
Analisis
Adegan dalam periklanan kuku bima ener-g di papua kurang
sopan dan sangat tidak
bagus untuk di lihat oleh
jutaan mata masyarakat yang melihatnya terutama anak-anak yang berusia di bawah umur, meskipun promosin tersebut
bertujuan untuk menarik minat pembeli terutama di kalangan anak-anak sampai remaja serta meskipun mempromosikan
wisata alamnya tetapi kurang sopan dengan adanya adegan tidak memakai baju
tersebut maka dari itu para orang tua untuk lebih memperhatikan tayangan
iklan di televisi yang di tontonnya. Agar bisa mengontrol dan
menjelaskan iklan mana yang tidak bagus untuk di lihat dan mana yang bagus
untuk di lihat dan serta buat
pembuat iklan maupun team seleksi agar lebih diperhatikan untuk seluruh
tayangan iklan yang ada demi menjaga generasi penerus kita agar tidak
terjerumus.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar